HDG

majalah elektronik Holo De Gowes Kudus

Senin, 12 Maret 2018

Persiapan sebelum bersepeda


Berbagai Persiapan Sebelum Bersepeda
Bersepeda merupakan kegiatan yang begitu menyenangkan bagi bikers. Namun bersepedajuga perlu memperhatikan berbagai hal sebab bersepeda merupakan aktivitas yang memerlukan banyak tenaga, menempuh perjalanan yang cukup jauh. Ada banyak hal yang perlu kita persiapkan sebelum bersepeda, baik itu berupa persiapan fisik maupun perlengkapan yang harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Sebab dalam memulai suatu kegiatan wajib bagi kita memprepare semua hal dari yang terlihat sampai yang paling kecil, bahkan kemungkinan-kemungkinan yang mungkin muncul saat kita bersepeda. Berikut beberapa persiapan sebelum bersepeda yang harus kita lakukan:

1. Persiapkan fisik kita
Sebelum melakukan kegiatan bersepeda, ada hal yang paling utama sebagai persiapan sebelum bersepeda, yaitu cek kondisi tubuh. Kita harus pastikan kondisi tubuh kita dalam keadaan fit, dalam keadaan sehat. Sebab kondisi tidak fit jika dipaksakan untuk bersepeda tentu akan menghambat aktivitas bersepeda kita. Bahkan akan membahayakan diri kita sendiri. Jika kita dalam keadaan sehat, maka hal yang harus kita lakukan berikutnya adalah peregangan dan pemanasan sebagai persiapan sebelum bersepeda. Pemanasan dilakukan dengan melakukan peregangan otot atau aktifitas ringan selama 10-15menit. Hal ini dimaksudkan agar otot-otot tubuh kita saat bersepeda tidak kaku dan mampu beradaptasi saat melakukan aktivitas berat. Sebab kaki dan punggung adalah bagian tubuh yang menjadi tumpuan saat bersepeda. Sehingga kita tidak akan mengalami kram atau kejang otot, atau mengalami pusing secara tiba-tiba.

2. Persiapkan kondisi sepeda oke atau siap pakai
Sepeda merupakan bagian penting dalam bersepeda, sudah pasti bukan. Namanya bersepeda, tentu harus ada sepeda yang kita kendarai. Persiapan sebelum bersepeda yang sangat penting adalah mengetahui keadaan sepeda yang akan kita kendarai. Sepeda yang kita gunakan haruslah prima kondisinya. Kita harus memeriksa keadaan sepeda, seperti pada bagian fork, tekanan ban, suspensinya, dan bagian rem sepeda. Semua hal tersebut harus dalam kondisi prima. Tentu kita akan merasa tenang dan nyaman bersepeda jika persiapan sebelum bersepeda ini telah dilakukan.

3. Perlengkapan pribadi
Perlengkapan pribadi yang harus kita persiapkan adalah pakaian bersepeda. Saat bersepeda kita harus memakai pakaian yang nyaman. Sebaiknya kenakan pakaian berbahan polyester, sebab bahan ini termasuk bahan yang ringan, mudah melepas keringat, dan mudah kering. Juga kenakan celana khusus yang terdapat paddingnya. Yang terpenting adalah kenakan pakaian senyaman mungkin saat bersepeda.
Selain itu ada perlengkapan yang harus kita pakai saat bersepeda, yaitu helm, sarung tangan, dan alas kaki. Helm yang dimaksud di sini adalah helm khusus pengendara sepeda. Fungsinya sama seperti helm sepeda motor, untuk melindungi baigan kepala kita agar tidak cidera jika mengalami kecelakaan saat bersepeda. Sedangkan sarung tangan berfungsi untuk menyerap keringat dari telapak tangan kita saat bersepeda. Jika tangan kita berkeringat dan menggenggam bagian kemudi sepeda akan terasa licin dan tentu ini akan sangat membahayakan kita saat bersepeda.
Mengenakan alas kaki merupakan hal penting untuk menghindari lecet dan menambah rasa nyaman. Kenakan sepatu beralas datar untuk bersepeda. Hal-hal penting inilah yang menjadi salah satu persiapan sebelum bersepeda yang sifatnya pribadi, melekat pada tubuh kita dan memberi kenyamanan.

4. Perlengkapan sepeda
Persiapan sebelum bersepeda yang harus kita lakukan adalah membawa perlengkapan tambahan seperti, kunci L atau dengan nama lain allen key, obeng plus minus, pompa, ban dalam sebagai cadangan, pencukil ban, dan alat pemutus rantai. Alat-alat tersebut sangatlah dibutuhkan ketika bersepeda sebab sebagai langkah antisipasi jika terjadi kemungkinan buruk yang terjadi pada sepeda kita saat dalam perjalanan.

5. Membawa cadangan makanan dan minuman
Persiapan sebelum bersepeda yang harus diperhatikan adalah membawa cadangan makanan dan minuman. Yang dimaksud makanan dan diminuman di sini bukanlah makanan berat dan membawa minum sebanyak-banyaknya ketika bersepeda. Persiapan sebelum bersepeda ini dimaksudkan untuk langkah antisipasi, terutama bagi Anda yang memiliki permasalahan dengan pencernaan.
Bawalah makanan, makanan yang disarankan adalah berupa agar-agar atau gel. Makanan berserat dalam bentuk bar juga sangat disarankan. Untuk masalah minuman bawalah seperlunya, setidaknya perkirakan minuman tersebut cukup selama perjalanan hingga menemukan toko atau swalayan, untuk membeli air minum lagi. Sebab bersepeda dengan jarak jauh akan banyak menguras tenaga dan menyebabkan keluar banyak keringat.
Jika perlu, sebelum bersepeda makanlah terlebih dahulu. Makanan yang mengandung karbo dan rendah lemak, serta tinggi serat. Itu yang dibutuhkan. Jangan makan terlalu bannyak sebelum bersepeda sebab hanya akan menimbulkan masalah perut ketika perjalanan bersepeda.

6. Peralatan P3K
Memang bukan suatu persiapan sebelum bersepeda yang mutlak dibawa. Namum, tak ada salahnya jika kita membawa perlatan P3K sederhana yang mungkin kita butuhkan saat bersepeda. Peralatan P3K yang dibutuhkan seperti obat merah, spray anti kram, dan plester luka. Namun saat ini ada perlengkapan medis modern seperti produk spray gel untuk melindungi luka, lebih efektif jika dibandingkan plester atau obat merah.

Salam 2 pedal
Holo De Gowes........ Oye








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ultah Holo De Gowes 2021

...